Manual Praktisi

Menyediakan Manual Praktis Bagi Pekerja Migran: Cara untuk Mengajukan Gugatan Perdata di Negara Asal dan Di Negara Penempatan

Manual Cover (Bahasa Indonesia)           Image of Bahasa HK Manual

JWB telah mengembangkan sebuah dokumen referensi hukum yang komprehensif tentang bagaiman mengidentifikasi, mengembangkan dan mengajukan gugatan perdata melawan pelaku eksploitasi, bahkan setela pekerja migran kembali ke negara asalnya. Panduan ini membantu para petugas penanganan asus mengenali potensi klaim hukum, sembari membantu pengacara di negara tujuan menyiapkan litigasi untuk kliennya

Bantuan hukum di sebagian besar negara tujuan berfokus pada pekerja migran yang belum meninggalkan negara tempat mereka bekerja. Sangat sedikit informasi tersedia tentang acara penyelesaian masalah yang tersedia bagi korban yang ingin melakukan gugatan dari luar negeri, atau bahkan rintangan procedural yang harus diatasi. Praktisi pro bono kerap dipaksa untuk mencoba kasus-kasus rumit ini melalui berbagai uji coba.

Manual Bagi Para Praktisi Singapura sendiri diluncurkan pada tahun 2014 Edisi kedua dipublikasikan, dan saat ini juga sudah tersedia, pada tahun 2016. Manual ini juga sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Manual Bagi Praktisi Hong Kong, diluncurkan pada bulan Desember 2015, dan sudah digunakan di lapangan ketika kan dan para mitra di Hong Kong dalam menyaring kasus-kasus yang potensial untuk kitigasi.

MANUAL BAGI PARA PRAKTISI BURUH MIGRAN

DI SINGAPURA & HONG KONG

Membantu Korban Eksploitasi atau Perdagangan Manusia Mendapatkan Kompensasi Yang Adil

Pekerja-pekerja migran yang menjadi korban eksploitasi atau perdagangan manusia di SIngapura atau Hong Kong, seringkali berjuang dengan susah payah untuk mengajukan klaim atau uang kompnesasi dari pelaku. Banyak diantara mereka yang tidak diperkenankan tinggal di negara tempat mereka bekerja untuk mengajukan gugatan perdata. Padahal, jika mereka pulang ke negara asal, sangat mungkin mereka akan pulang tanpa kompensasi. Karenanya, kerapkali majikan dan agen yang telah menganiaya atau mengeksploitasi mereka berhasil lolos dari hukuman.  Tidak pelak lagi, korban eksploitasi ini seringkali pulang ke negara asal dalam kondisi yang lebih miskin dari sebelum mereka meninggalkan negara asal untuk bekerja.

Ketahui tentang Manual Bagi Para Praktisi Singapura dan Manual Bagi Para Praktisi Hong Kong kami di sini:

Manual Bagi Para Praktisi Buruh Migran Singapura (SG Practitioner’s Manual Bahasa Version Second Edition)

Manual Bagi Para Praktisi Buruh Migran Hong Kong (HK Practitioner’s Manual Bahasa Version First Edition)

DUKUNG KERJA KAMI DAN UNDH

btn_donateCC_LG

Harap pertimbangkan dukungan anda, iika anda mengunduh. Berikut adalah saranan kami untuk kadar sumbangan yang sesuai:

Patron Publikasi: $100 (USD)

Sponsor Publikasi: $75 (USD)

Pendukung Publikasi: $50 (USD)

Atau kadar sumbangan lain yang sesuai untuk anda

TENTANG MANUAL BAGI PARA PRAKTISI

Manual Bagi Para Praktisi Buruh Migran berjuang untuk membantu pekerja-pekerja migran yang pulang ke Negara asal mereka mengajukan klaim atas penganiaya mereka di Singapura atau Hong Kong. Dengan mengumpulkan pengalaman dan ilmu pengetahuan para pengacara dan prakitisi local dan internasional dalam bidang ini, manual ini mebimbing semua karyawan atau sukarelawan hokum dalam proses mencari kompensasi yang adil untuk mangsa-mangsa eksploitasi, melalui siding pengadilan di Singapura atau Hong Kong. Ini termasuk:

  • Apakah pilihan hukum yang tersedia untuk bentuk-bentuk eksploitasi yang umum?

Untuk ketidakbayaran gaji, kesiksaan fizikal, serangan atau gangguan seksual dan perkosaan, Manual ini menjelaskan secara rinci klaim yang boleh didapatkan di siding pengadilan di Singapura atau Hong Kong.

  • Apakah cara untuk membangunkan klaim-klaim ini selepas mangsa pulang ke negara asalnya?

Terdapat banyak tantangan prosedur dan logistik dalam proses mendapatkan kompensasi yand adil untuk mangsa. Manual ini menyoroti dan menjelaskan cara untuk mengastasi tantangan-tantangan ini.

  • Apakah cara untuk mencari mitra di negara asal klien, Singapura atau Hong Kong?

Untuk para pengacara sukarelawan di Singapura dan Hong Kong, proses mecnari mitra yang handal di negara asal mangsa adalah penting untuk memastikan saluran komunikasi yang tetap. Tambahan lagi, proses ini penting untuk memastikan bahwa semestinya mangsa tidak ada di sana, kasusnya masih boleh dijalankan. Manual ini menyenaraikan organisasi-organisasi dan indiviu-individu kunci yang boleh dihubungi para pengacara, biar di Indonesia,  Fillipina, atau di tempat lain. Untuk pengacara di negara asal mangsa, mencari mitra di Singapura adalah penting untuk membantu mangsa-mangsa mengajukan klaim mereka dari luar negara.